Program Sarjana

Program Sarjana

Profil

Gambaran Umum :

Pendidikan pada Program Studi Sarjana bertujuan untuk menghasilkan yang mempunyai profil sebagai berikut

  • Memahami pengetahuan dasar psikologi dan teknik pengamatan secara objektif, sehingga dapat menginterpretasikan tingkah laku manusia, baik perseorangan maupun kelompok, menurut kaidah-kaidah psikologi
  • Mampu melaksanakan penelitian dan menyusun laporan penelitian psikologi secara ilmiah dan profesional
  • Menunjukkan kepekaan yang bertanggung jawab terhadap nilai, proses, dan masalah sosial, budaya, agama, politik, dan ekonomi yang berpengaruh pada tingkah laku manusia, sehingga dapat menginterpretasikan tingkah laku dalam kaitannya dengan kondisi Indonesia
  • Mengenal, menghayati, dan mengamalkan Kode Etik Psikologi yang meliputi kode etik keilmuan dan penelitian

Sejarah : Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan aplikasinya pada masalah-masalah yang dihadapi manusia. Tujuan mempelajari psikologi adalah agar dapat memberikan penjelasan dan gambaran tentang perilaku manusia sekaligus membuat prediksi tentang kemungkinan terjadinya suatu perilaku serta melakukan modifikasi perilaku.Fakultas Psikologi UI adalah Fakultas Psikologi yang pertama kali berdiri di Indonesia dan hingga saat ini  menjadi acuan pengembangan fakultas-fakultas psikologi lain di Indonesia.

Lahirnya Pendidikan Psikologi di Indonesia diawali oleh pidato ilmiah Prof. Dr. Slamet Iman Santoso dalam pengukuhannya sebagai Guru Besar Universitas Indonesia pada Dies Natalis Universitas Indonesia tahun 1952 di Fakultas Pengetahuan Teknik UI (sekarang menjadi Institut Teknologi Bandung/ITB).

Sebagai kelanjutan dari pidato tersebut, di lingkungan Kementerian Pendidikan, Pengadjaran, dan Kebudajaan (Kementerian PP dan K), pada tanggal 3 Maret 1953 diselenggarakan Kursus Asisten Psikologi (sebagai bagian dari Fakultas Kedokteran UI) yang diketuai oleh Prof. Dr. Slamet Iman Santoso. Tidak lama setelah itu, masih dalam lingkungan Kementerian PP dan K, didirikanlah Lembaga Psikologi yang kemudian berubah statusnya menjadi Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi yang secara langsung berada di bawah pimpinan Universitas Indonesia. Pada tahun 1955, Pendidikan Asisten Psikologi diubah statusnya menjadi Pendidikan Sarjana Psikologi, yang secara administrative berada di bawah Fakultas Kedokteran UI.

Dalam SK Menteri Pendidikan, Pengadjaran, dan Kebudajaan RI No 108049/U.U, dinyatakanlah bahwa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia berdiri mulai tanggal 1 Juli 1960. Dengan demikian, tahun 1960 merupakan tahun kelahiran Fakultas Psikologi UI secara administrative dengan Dekan pertamanya Prof. Dr. Slamet Iman Santoso.

Program pendidikan sarjana psikologi awalnya masih mengikuti pola pendidikan kedokteran, dengan lama masa studi enam tahun dan lulusan mendapat gelar Drs., Dra., dan sebutan Psikolog. Pola pendidikan ini kemudian diubah menjadi dua jenjang, empat tahun untuk sarjana (S.Psi) dan jenjang selanjutnya untuk gelar magister (M.Si/M.Psi) dengan lama masa studi normal dua tahun.

Adapun selanjutnya hingga tahun 2011, program studi sarjana menyelenggarakan dua program yaitu kelas regular dan kelas ekstensi, dengan perbedaan syarat penerimaan mahasiswa dan jam perkuliahan. Sejak tahun 2010 program ekstensi ditiadakan dan dibuka program setara reguler yang disebut program paralel. Selain kedua program ini, program studi sarjana juga membuka program Kelas Internasional yang bekerjasama dengan School of Psychology, University of Queensland dengan gelar lulusan adalah SarjanaPsikologi (S.Psi) dan Bachelor Arts (BA).

 

Pendaftaran

Syarat :Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat maksimal dalam dua tahun dari tahun kelulusan (reguler), tanpa batas tahun kelulusan (paralel)

Proses seleksi : SIMAK, SBMPTN, SNMPTN, jalur undangan (program Kelas Reguler, Paralel KI) dan juga melalui penilaian raport siswa, talent scoutin (untuk Kelas Internasional).

Kriteria Penerimaan : Mahasiswa yang diterima untuk menjalankan pendidikan di Fakultas Psikologi UI adalah calon mahasiswa yang lulus proses seleksi yang dilakukan oleh sistem penerimaan mahasiswa baru.

 

Gambaran Perkuliahan

Kompetensi Utama :

–          Menganalisis gejala psikologik pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat berdasarkan teori psikologi yang sesuai

–          Melakukan penelitian ilmiah bidang psikologi pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat

–          Merancang intervensi non psikoterapeutik/klinikalberdasarkan prinsip perubahan tingkah laku pada individu,  kelompok, organisasi, dan masyarakat

Lama Studi :Delapan semesteratau empat tahun (disebut dengan masa studi normal) dengan lama studi maksimal 6 tahun atau satu setengah kali masa studi normal

Mata Kuliah : Enam Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) dan 38 Mata Kuliah Wajib Fakultas (MKWF) di luar skripsi dan Mata Kuliah Pilihan

Kegiatan Perkuliahan : Kegiatan perkuliahan yang diselenggarakan menggunakan beragam pendekatan yang mencirikan pembelajaran berpusat pemelajar/Student Centered Learning, seperti Small Group Discussion, Project Based, dan juga Collaborative maupun Problem Based Learning. Fasilitas yang kami sediakan antara lain perpustakaan fakultas, lengkap dengan ruang baca dan sistem penelusuran sumber, ruang-ruang kelas yang dilengkapi sistem multimedia seperti komputer beserta proyektor, auditorium, dan juga sistem koneksi internet nirkabel 24 jam.

Kelulusan

Gambaran Kompetensi setelah lulusadalah : Sarjana Psikologi yang mampu merancang beragam intervensi non klinis berdasarkan kajian ilmiah dan prinsip perubahan tingkah laku terhadap gejala psikologik individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat perkotaan secara etis dan profesional

Gelar akademik : Sarjana Psikologi (S.Psi), berlaku sama untuk peserta program regular maupun paralel. Sementara untuk peserta program Kelas Internasional mendapat gelar lulusan S.Psi, BA.

Download Brosur

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X