Program Doktor

Program Doktor

VISI-MISI

Visi Program Doktor

“Menjadi unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan dan riset psikologi tingkat doktoral di level nasional dan mengambil peran di tingkat Asia Tenggara”

Misi Program Doktor

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi tingkat doktoral yang mampu bersaing di tingkat Asia Tenggara
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten, menjunjung tinggi etika, dan unggul dalam inovasi di bidang ilmu psikologi 
  3. Menghasilkan pengetahuan baru dalam ilmu psikologi yang mempertimbangkan aspek budaya, dan memiliki kontribusi strategis untuk menjawab kebutuhan aktual masyarakat dalam konteks perkotaan di tingkat nasional maupun internasional

Tujuan Program Doktor

“Menghasilkan doktor yang mampu mengembangkan ilmu psikologi dengan menghasilkan karya inovatif serta mandiri dan beretika untuk pemecahan masalah kemanusiaan/sosial-kemasyarakatan.”

PERSYARATAN CALON MAHASISWA 

  • Lulusan program studi S1 dan S2 (semua program studi) dengan ketentuan salah satu jenjang harus berlatar belakang Psikologi
  • S2 dengan IPK minimal 3,25 yang diperoleh dari :
    1. Perguruan Tinggi Negeri yang telah terakreditasi
    2. Perguruan Tinggi Swasta dengan Ijazah yang disamakan oleh Kopertis
    3. Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan Ijazah yang telah mendapatkan penyetaraan dari Kementrian Pendidikan Nasional atau Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
  • Melampirkan ijazah S1 dan S2 yang dilegalisasi
  • Bagi calon peserta Warga Negara Asing (WNA), memiliki kemampuan bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Kemampuan ini disertakan dengan sertifikat kursus bahasa Indonesia
  • Bagi lulusan luar negeri, ijazah harus diakui Depdiknas RI
  • Dapat mengikuti kegiatan akademik penuh waktu dan memiliki surat ijin belajar dari Instansi/Perusahaan bagi mereka yang bekerja. Surat izin belajar harap diunggah bersama dengan persyaratan ijazah

PROSES SELEKSI MAHASISWA

  • Seleksi Mahasiswa Program Studi Doktor Fakultas Psikologi Universitas Indonesia terdiri dari dua tahap, yaitu:
          1. Seleksi Akademik dan Seleksi Berkas. Seleksi akademik dilaksanakan melalui ujian tertulis dengan materi Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Seleksi berkas dilaksanakan melalui pemeriksaan terhadap berkas-berkas yang telah diunggah, yaitu salinan transkrip nilai dan salinan ijazah yang telah dilegalisasi serta surat rekomendasi. Calon Mahasiswa dinyatakan lolos seleksi akademik apabila memperoleh nilai Tes Potensi Akademik ≥ 550 dan nilai Tes Bahasa Inggris  ≥ 550.
          2. Seleksi Wawancara Praproposal. Setelah dinyatakan lulus atas seleksi TPA dan Bahasa Inggris, calon peserta diwajibkan menyerahkan dokumen sebagai bahan pertimbangan untuk seleksi tahap kedua (wawancara). Dokumen perlu dikirimkan secara online ke prodidoktor.psi@ui.ac.id dan juga dikirimkan hardcopy (semuanya dalam 2 berkas/ eksemplar):
                  • Praproposal penelitian disertasi 
                  • Curriculum vitae
                  • Rekomendasi dari 1) atasan langsung (bagi yang bekerja) dan 2) pembimbing akademik atau pembimbing tesis S2.
                  • Motivational statement 
                  • Fotokopi abstrak atau ringkasan dari tesis S2
                  • Karya ilmiah yang dihasilkan selama 5 tahun terakhir (Judul, Daftar Isi, Pendahuluan), terutama yang berhubungan dengan bidang ilmu yang sedang/akan ditekuni

         

        KURIKULUM

        Program Studi Doktor Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menggunakan kurikulum berbasis kompetensi untuk menghasilkan Doktor yang unggul di bidang Psikologi.

        • Sistem dan Paradigma dalam Psikologi

        Mata Kuliah Sistem dan Paradigma Psikologi adalah Mata Kuliah yang membentuk kemampuan mahasiswa dalam mengevaluasi dasar-dasar filosofis dari konsep-konsep psikologi dan merancang penempatan minat/topik disertasi dalam kerangka diskusi inter/multi/transdisiplin dari pembangunan teori berbasis empiris. Hal di atas dilakukan dengan memperjelas substansi diskusi kritis tentang hubungan mendasar filsafat dengan psikologi, dalam epistemologi, pengembangan teori serta metodologi riset, dan menempatkan minat dan topik disertasinya dalam kerangka perdebatan pembangunan teori yang memerlukan kelengkapan bukti empirisnya.

        • Penelitian dan Analisis Data Kuantitatif

        Mata Kuliah Metodologi Penelitian dan Analisis Data Kuantitatif adalah Mata Kuliah yang memampukan mahasiswa untuk memilih dan merumuskan metodologi penelitian dan analisis data kuantitatif yang relevan untuk kekhususan topik/materi riset yang ditekuni. Kegiatan memilih dan merumuskan metodologi penelitian dibarengi dengan praktikum untuk melatih ketrampilan analisis data.

        • Penulisan Akademik

        Penulisan Akademik adalah mata kuliah yang bertujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa berpikir kritis dan mengekspresikan pandangan dan argumentasi tertulis dengan tepat dan ringkas-padat sesuai dengan standar APA. Mahasiswa dituntut untuk membaca kritis dan menghasilkan karya tulis yang merefleksikan kemampuan berpikir analitis dan kritis.

        • Penelitian dan Analisis Data Kualitatif

        Mata Kuliah Metodologi Penelitian dan Analisis Data Kualitatif disediakan untuk memfasilitasi mahasiswa agar mampu merumuskan dan membuat model riset kualitatif tingkat doktoral, mulai dari menata ulang pemahaman dasar tentang penelitian kualitatif untuk membangun teori, menguasai dan menyiapkan pendekatan-pendekatan riset kualitatif yang berbeda, menguasai dan menyiapkan metode-metode pengumpulan datanya, termasuk untuk pendekatan multimethod. Mahasiswa juga menguasai analisis data kualitatif hingga penulisan laporan.

        • Seminar Teori Psikologi Kontemporer

        Mata ajar ini memfasilitasi mahasiswa untuk memahami perkembangan mutakhir teori-teori dalam psikologi (state of the art), khususnya yang terkait dengan topik disertasi yang akan mereka tulis, serta melatih mahasiswa untuk melakukan tinjauan pustaka dalam rangka membangun kerangka teoretis untuk digunakan dalam penelitian. Mata ajar ini dirancang untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar doktor dalam bidang psikologi (S3). Topik-topik yang dibahas di dalamnya mencakup hakikat teori, garis besar perkembangan teori psikologi kontemporer, tinjauan literatur, pembangunan kerangka teoretis, perbandingan antar-teori, serta implikasi teori dalam penjelasan terhadap gejala psikologis dan penentuan isu penelitian lanjutan.

        • Seminar Proposal Disertasi 

        Mata ajar ini memfasilitasi mahasiswa untuk dapat menulis proposal disertasi yang memungkinkan dilaksanakannya penelitian serta pelaporan yang kuat dengan kebaruan konseptual dan sumbangan strategis sebagai penelitian tingkat doktor. Mata kuliah berproses membahas bab 1 (latarbelakang penelitian hingga fokus penelitian) hingga bab 2 (teori) dan bab 3 (metode).  Pengampu menjadi fasilitator yang membantu mahasiswa mempertajam fokus penelitian, menemukan teori yang tepat, menyusun review literatur secara baik, juga menetapkan dengan tepat langkah-langkah metodologis dan instrumen penelitian yang akan digunakan. Pengampu mata kuliah bekerjasama dengan pembimbing/promotor/ko-promotor yang telah ditetapkan bagi mahasiswa agar proses pembimbingan berjalan dengan efektif-efisien.

        • Ujian Proposal Riset (1 & 2)

        Ujian Proposal Riset 1 dan 2 adalah mata kuliah tidak berstruktur yang menyiapkan mahasiswa untuk dapat menyusun proposal riset tingkat doktoral yang telah tersusun lengkap hingga bab Metode, serta untuk memastikan kesiapan turun lapangan. 

        • Ujian Hasil Riset (1 & 2)

        Ujian Hasil Riset 1 dan 2 adalah mata kuliah tidak berstruktur yang dilaksanakan untuk memastikan bahwa metode pengambilan data, data yang terkumpul, dan analisis yang dilaksanakan mahasiswa telah memenuhi persyaratan minimal riset doktoral dari sisi kualitas/kuantitas data yang dikumpulkan, analisis serta pelaporannya.

        • Publikasi Artikel Ilmiah 

        MK Publikasi Artikel Ilmiah adalah mata kuliah tidak berstruktur yang dilaksanakan untuk memastikan mahasiswa menghasilkan luaran publikasi di jurnal akademik internasional terindeks dan/atau bereputasi dengan topik terkait riset disertasinya. Upaya menyusun artikel publikasi perlu dimulai sejak seawal mungkin, dan dihasilkannya luaran (diperkirakan) dapat dicapai secepat-cepatnya di akhir semester 4 dan selambat-lambatnya di awal semester 10.

        • Ujian Hasil Promosi

        Ujian promosi merupakan kegiatan akademik yang bertujuan untuk mengevaluasi kedalaman materi, kemampuan analisis, kontribusi pada pengembangan ilmu, dan kemungkinan aplikasi dari disertasi yang telah disetujui oleh tim Promotor dan semua penguji. Ujian promosi dilaksanakan untuk menetapkan yudisium kelulusan mahasiswa program Doktor.

        PARA PENGAJAR KAMI

        Fakultas Psikologi Universitas Indonesia memiliki tenaga pengajar yang professional dari berbagai bidang studi psikologi dan kepakaran yang beragam.

        INFORMASI LAINNYA

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X