Program Doktor

Program Doktor

1. Profil Lulusan Program Studi

Program Studi Doktor Psikologi Universitas Indonesia menghasilkan lulusan yang mampu:

A.  Mengembangkan konsep baru dan atau teori baru (theory building) dalam bidang ilmu psikologi melalui penelitian.

B.  Melaksanakan, mengorganisasikan dan memimpin program penelitian.

C.  Menerapkan pendekatan ilmiah dalam disiplin ilmu psikologi yang dapat ditopang secara interdisipliner dalam penerapan keahliannya secara profesional.

D.  Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan atau menemukan konsep‑konsep atau model‑model atau teori baru untuk kesejahteraan umat manusia.

E.  Mengenali, mengamati, dan melakukan penalaran ilmiah untuk memperoleh pemecahan masalah yang baru dalam bidang psikologi dengan memperhatikan etika keilmuan.

2. Kompetensi Lulusan Program Studi

No. KUALIFIKASI KOMPETENSI UTAMA
1 Mampu mengembangkan penge-tahuan dan metodologi di bidang psikologi melalui riset, sehingga menghasilkan karya inovatif, orijinal, dan teruji. Menguasai perkembangan terkini teori-teori psikologi (state of the art) dan melakukan evaluasi terhadap teori-teori tersebut secara mendalam.
Mampu merumuskan hasil penelaahan teori-teori psikologi dalam bentuk tesis/proposisi/ hipotesis yang akan dikembangkan menjadi alternatif teori baru.
Mampu menerapkan teori-teori psikologi untuk dasar penelitian.
Menguasai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Mampu melakukan penelitian yang berorientasi pada pengembangan ilmu, sehingga lahir karya inovatif, original dan  teruji secara ilmiah.
2 Mampu menyelesaikan permasalahan manusia yang kompleks dengan menggunakan disiplin ilmu psikologi melalui pendekatan inter, multi dan/atau transdisiplin berlandaskan Kode Etik Psikologi Indonesia. Mampu menggunakan ilmu psikologi secara tepat untuk menerangkan gejala yang muncul di masyarakat.
Mampu mengkomunikasikan prinsip-prinsip ilmu psikologi untuk masyarakat umum.
Mampu melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmu psikologi .
3 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset di bidang psikologi dengan mengedepankan integritas profesionalisme. Bersikap kritis terhadap berbagai konsep, model, pendekatan yang berkenaan dengan psikologi
Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan  penelitian di bidang psikologi
4 Mampu mempublikasikan hasil-hasil riset bidang psikologi di tingkat nasional atau internasional. Mampu melakukan penelitian yang berpotensi untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia.
Mampu melaporkan hasil penelitian dan mempublikasikannya dengan mematuhi kaidah penulisan ilmiah dan kejujuran ilmiah pada tingkat nasional atau internasional.

 

Alur kurikulum S3

 Lampiran Kurikulum FPsi 2013 S3 20 September 2013

Download Brosur

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X