Program Studi Psikologi Terapan

Program Magister Psikologi Terapan merupakan program studi yang menjembatani teori psikologi dengan penerapannya. Lulusan Magister Psikologi Terapan diharapkan dapat menjadi konsultan atau tenaga ahli yang mampu memecahkan masalah masyarakat tingkat individu, kelompok, komunitas/organisasi dengan menggunakan pendekatan Ilmu Psikologi. Program Magister Psikologi Terapan merupakan program pendidikan akademik dan tidak mempersiapkan peserta untuk melakukan praktik psikologi sebagai psikolog yang mempunyai izin praktik.

Visi Menjadi pusat pendidikan, pengkajian, penelitian, dan pengembangan ilmu psikologi pada jenjang Magister yang mampu menjadi rujukan dalam penyelesaian permasalahan pada tingkat individu, kelompok, komunitas/organisasi berdasarkan temuan ilmiah yang bersifat terapan dan berorientasi perkotaan dan lintas budaya.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi jenjang Magister yang memberikan kemampuan kepada para peserta didik untuk bersikap kritis, kreatif dan inovatif, profesional, dan bersikap ilmiah serta terampil dalam menerapkan ilmu yang dimiliki, untuk penyelesaian permasalahan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik di bidang psikologi dan kemampuan melakukan intervensi psikologi untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat di tingkat individu, kelompok, maupun komunitas/organisasi.
  3. Menghasilkan temuan ilmiah dalam bidang psikologi yang berorientasi perkotaan dan lintas budaya yang dapat diaplikasikan untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat.
  4. Mendesiminasikan temuan ilmiah kepada masyarakat dan lembaga-lembaga yang relevan, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  5. Membuka peluang bagi sivitas akademika untuk berbagi ilmu pengetahuan dan terapan psikologi serta membangun kolaborasi dengan jejaring nasional maupun internasional.

Kompetensi

  1. Mampu merancang dan menerapkan program intervensi Psikologi yang kritis, kreatif, dan inovatif, melalui penelitian secara mandiri bagi pengembangan dan penerapan ilmu bidang Psikologi.
  2. Mampu melakukan pendekatan-pendekatan masalah dan membangun ‘baseline study’ berdasarkan prinsip-prinsip Ilmu Psikologi dan membuat program intervensi yang relevan untuk penyelesaiannya.
  3. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang Psikologi melalui publikasi ilmiah yang berorientasi perkotaan dan lintas budaya di tingkat nasional maupun internasional.
  4. Mampu melakukan sharing ilmu pengetahuan dan membangun kolaborasi dalam forum ilmiah untuk pengayaan wawasan ilmu bidang Psikologi.
  5. Mampu melanjutkan pendidikan studi jenjang S-3 yang berbasis ilmu terapan untuk mencapai level Doktor Psikologi dengan tetap menjalankan persyaratan yang berlaku.

Bagi pendaftar yang berlatar belakang pendidikan S1 Non Psikologi dan telah dinyatakan lulus seleksi, wajib mengikuti program matrikulasi selama 1 (satu) semester yang diselenggarakan pada semester genap. Kegiatan matrikulasi ini dilakukan untuk menyamakan pengetahuan dasar tentang psikologi antar peserta kuliah. Untuk dapat melanjutkan studi di Program Magister Psikologi Terapan, seorang peserta matrikulasi harus lulus program matrikulasi dengan minimal indeks prestasi 3,00 (tiga koma nol nol).

Lama studi
Pendidikan Program Studi Psikologi Terapan dirancang untuk 2 tahun (4 semester) dengan maksimal masa studi 3 tahun (6 semester).

Kegiatan Perkuliahan
Semester 1: Kuliah kemagisteran dan peminatan
Semester 2: Kuliah kemagisteran dan peminatan
Semester 3: Kuliah kemagisteran dan peminatan
Semester 4: Penyusunan tesis
Publikasi ilmiah (sebagai syarat kelulusan)

Waktu Kuliah
Senin – Kamis (Sore Hari, jam 16.00 WIB)
Jumat (mulai jam 14.00 WIB)

Gelar Akademik
Setelah lulus dari Program Magister Psikologi Terapan, lulusan akan memperoleh gelar Magister Psikologi Terapan, disingkat M.Psi.T.

informasi pendaftaran dapat dilihat pada tautan berikut: http://penerimaan.ui.ac.id

Download Brosur

email: prodi.psikologiterapan@ui.ac.id

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X