Program Studi Psikologi Terapan

Program Studi Psikologi Terapan

Program Magister Psikologi Terapan merupakan program studi yang menjembatani teori psikologi dengan penerapannya. Lulusan Magister Psikologi Terapan diharapkan dapat menjadi konsultan yang mampu memecahkan masalah menggunakan pendekatan Psikologi. Program Magister Psikologi Terapan merupakan program pendidikan akademik dan tidak mempersiapkan peserta untuk melakukan praktik psikologi sebagai psikolog yang mempunyai izin praktik.

Persyaratan Calon Peserta

  1. Pendaftar adalah Sarjana S1 Psikologi dengan IPK minimal 2.75
  2. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B
  3. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  4. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia
  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu di sore hari (pukul 16.00) dihari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja, memiliki surat tugas belajar dari Instansi/Perusahaan. Surat Tugas belajar harus diunggah bersama dengan persyaratan ijazah
  6. Persyaratan khusus untuk peminatan Psikologi SDM dan Intervensi Sosial, pendaftar memiliki pengalaman bekerja atau berkegiatan di bidang yang relevan minimal 2 tahun sedangkan untuk Psikologi Anak Usia Dini (PAUD) memiliki pengalaman bekerja atau berkegiatan dibidang yang relevan minimal 1 tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari tempat kerja atau bukti berkegiatan yang diunggah bersama transkip dan ijazah S1.
  7. Tes masuk terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris. Pendaftar yang telah Lulus seleksi tahap I (TPA dan Bahasa Inggris) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI: https://psikologi.ui.ac.id/ untuk mengikuti seleksi tahap II: tes psikologi, diskusi kelompok dan wawancara
  8. Seleksi tahap II akan dilakukan secara online dan akan diinfokan lebih lanjut. Diharapkan pendaftar menyiapkan:
  • 2 surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar),
  • 1 surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya.
  • Portofolio kegiatan 1 tahun (PAUD) dan 2 tahun terakhir (SDM dan Intervensi Sosial) yang terkait dengan peminatan yang dipilih.
  • Penulisan Essay

Surat – surat rekomendasi, portofolio dan essay tersebut diatas harus diunggah oleh pendaftar yang lulus seleksi tahap II. Tautan untuk mengunggah berkas-berkas tersebut akan disampaikan pada tanggal 3 Agustus 2020. Untuk itu pendaftar diharapkan dapat memeriksa website Fakultas Psikologi secara berkala untuk melihat pengumuman yang diberikan seperti tautan unggah berkas dan jadwal wawancara. Kelengkapan berkas yang di unggah sangat penting agar pendaftar dapat meneruskan ke proses seleksi tahap 2.

9. Daftar nama peserta lolos seleksi tahap pertama (SIMAK gelombang 2) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI pada tanggal 7 Agustus 2020

10. Pendaftar yang mengikuti seleksi tahap 2 adalah yang telah lulus seleksi tahap 1 dan memenuhi persyaratan berkas. Jadwal seleksi tahap 2 berupa wawancara secara daring akan diadakan pada tanggal 11 Agustus 2020.

Bagi pendaftar yang berlatar belakang pendidikan S1 Non Psikologi dan telah dinyatakan lulus seleksi, wajib mengikuti program matrikulasi selama 1 (satu) semester yang diselenggarakan pada semester genap. Kegiatan matrikulasi ini dilakukan untuk menyamakan pengetahuan dasar tentang psikologi antar peserta kuliah. Untuk dapat melanjutkan studi di Program Magister Psikologi Terapan, seorang peserta matrikulasi harus lulus program matrikulasi dengan minimal indeks prestasi 3,00 (tiga koma nol nol).

Lama studi
Pendidikan Program Studi Psikologi Terapan dirancang untuk 2 tahun (4 semester) dengan maksimal masa studi 3 tahun (6 semester).

Kegiatan Perkuliahan
Semester 1: Kuliah kemagisteran dan peminatan
Semester 2: Kuliah kemagisteran dan peminatan
Semester 3: Kuliah kemagisteran dan peminatan
Semester 4: Penyusunan tesis
Publikasi ilmiah (sebagai syarat kelulusan)

Waktu Kuliah
Senin – Kamis (Sore Hari, jam 16.00 WIB)
Jumat (mulai jam 14.00 WIB)

Gelar Akademik
Setelah lulus dari Program Magister Psikologi Terapan, lulusan akan memperoleh gelar Magister Psikologi Terapan, disingkat M.Psi.T.

Download Brosur

Pengumuman Seleksi Masuk Tahap II Program Studi Psikologi Terapan Tahun Akademik 2020/2021 Semester 1 Gelombang II >> Download

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X