Sustainability

Sustainability

Terdapat total 12 gedung dengan skala besar di Fakultas Psikologi UI. Fakultas Psikologi menghadap ke timur, letak kampus yang paling dekat dengan stasiun kereta api UI, berada diantara Fak FISIP dan Fakultas Hukum.

Area Fakultas Psikologi dikelilingi oleh pepohonan yang cukup rindang, pohon beringin yang berada didekat area parkir gedung A, pohon kapuk mengitari area fakultas Psikologi menuju ke gedung H, Serta berbagai macam jenis tanaman yang berada di area fakultas psikologi sehingga membuat asri fakultas ini.

Kami memiliki taman akademos yang berlokasi diantara gedung A, B, D dan E, di sela-sela setiap gedung juga kami mempunyai taman kecil sebagai penghijauan, kami juga memiliki taman yang cukup lebar di belakang gedung D yaitu taman firdaus.

Fakultas Psikologi Terdiri dari:

  • Total Luas Area Fakultas Psikologi UI : 18.718 m²
  • 24 bangunan dengan Total Luas Bangunan : 11.317 m²
  • Area yang di tutupi dengan Rumput, Pohon dan conblock ( area Parkir ) : 7.401 m²

Penggunaan Lampu LED dan peralatan elektronik lainnya yang hemat energi dan lebih ramah lingkungan, misalnya:

  1. pada ruang tengah di Pusat Administrasi Pendidikan digunakan kipas angin yang konsumsi listriknya lebih kecil dan jika dilihat dari pembatasan pemakaian Freon (dengan mengurangi penggunaan AC) hal ini diasumsikan lebih ramah lingkungan
  2. pemilihan lampu LED 100% pada gedung A dan 90% pada gedung B

Total pemakaian listrik Fakultas Psikologi selama 1 tahun adalah sebesar 926.084 KWH

Desain ruang dengan kaca yg besar akan mengimplementasikan hemat energi karena seluruh gedung memanfaatkan pencahayaan dan ventilasi secara alami, serta dapat mengimplementasikan pemanfaatan lahan hijau disekitar bangunan yang ada di Fakultas Psikologi.

Fakultas Psikologi UI terkesan hijau dengan penyediaan lahan hijau yang berupa taman kecil, hamparan rumput dan beragam pepohonan yang rindang.

Fakultas Psikologi menggunakan sistem HVAC merupakan system heating, ventilation & air-conditioning atau dalam Bahasa Indonesia disebut system pemanasan, ventilasi dan AC. Sistem ini berfungsi sebagai pengontrol iklim. Ketiga fungsi ini saling berhubungan, karena mereka menentukan suhu dan kelembaban udara dalam sebuah gedung dan juga menyediakan kontrol asap, menjaga tekanan antar ruang, dan menyediakan udara segar bagi penempat. Dalam rancangan gedung modern, rancangan, instalasi dan sistem kontrol dari fungsi ini dijadikan menjadi sistem tunggal “HVAC”.

Jejak carbon Fakultas Psikologi 717.22 metric tons. Perhitungan dilakukan menggunakan www.carbonfootprint.com/calculator.aspx tanpa memperhitungkan penerbangan dan jejak karbon sekunder

Program untuk Mengurangi Penggunaan Kertas dan Plastik di Fakultas Psikologi UI                                                                                                                 

Deskripsi:

  1. Dibagian arsip Fakultas Psikologi memanfaatkan kertas bekas pada sisi kertas yang masih kosong untuk membuat routing slip
  2. Dibidang studi dan unit kerja di Fakultas Psikologi memanfaatkan kertas bekas yang masih layak pakai dengan memotong kertas untuk dijadikan memo
  3. Untuk dosen dan mahasiswa: memanfaatkan sisi kertas yang masih kosong untuk mencetak draft tugas, tugas, draft laporan dan laporan.
  4. Himbauan kepada sivitas akademika untuk mengurangi pemakaian tempat kantong plastic dengan membawa tas belanja pakai ulang.
  5. Dosen dan mahasiswa membawa tumbler dan botol minum untuk mengurangi pemakaian botol kemasan sekali pakai
  6. Sivitas akademika dihimbau untuk memilah sampah. Tempat sampah terbagi menjadi 3 jenis tempat sampah -Tempat sampah organic -Tempat sampah non organic -Tempat sampah khusus botol plastik dan gelas plastik

Dalam menjaga lingkungan yang sehat dan nyaman, sejalan dengan program Universitas Indonesia, kami melakukan pemilahan Limbah organik dan non organik agar mudah diolah ditempat pembuangan Akhir oleh Universitas Indonesia.

Demi Keamanan Lingkungan kami melakukan limbah beracun bekas bohlam lampu neon dengan cara di kumpulkan

Limbah Cair di Fakultas Psikologi UI dibuang melalui Septic tank ( Septic tank di Cor Beton agar tidak meresap ke tanah).

Fakultas Psikologi UI menggunakan Sistem Rain Ground Tank agar hujan secara alami akan terserap kedalam tanah. Pada prinsipnya siklus daur air terjadi secara alami dan air dapat ditemukan dalam wujud cair, padat maupun gas/uap. Untuk menyiasati berkurangnya daerah resapan air karena struktur bangunan yang telah ada di Fakultas, kami memanfaatkan siklus daur air alami, sehingga air hujan dapat tertampung maksimal (hal ini merupakan salah satu upaya mewujudkan eko-efisiensi dalam pengelolaan air saat musim hujan

Biopori

Fakultas Psikologi UI memiliki beberapa titik biopori yang tersebar di sekitar gedung-gedungnya, hal ini sengaja dilakukan untuk memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah. Kelembaban tanah cukup terjaga terutama saat musim kemarau berkat biopori. Saat musim hujan beberapa lokasi di gedung yang berada di permukaan yang lebih rendah cenderung memiliki potensi genangan air, dengan adanya biopori di sekitar gedung terbukti efektif menangani kasus genangan air yang mungkin terjadi. Fungsi lainnya, biopori membantu pengelolaan sampah organik yang menumpuk pada periode tertentu.

Fakultas Psikologi menggunakan Peralatan Hemat Air (misalnya keran menggunakan Palet Tombol manual, setiap kran di tekan akan mengeluarkan air sesuai kebutuhan, dan bila Tombol Kran di lepas air akan berhenti mengalir dari kran Tanpa menekan tombol kran lagi.

  1. Parkir di Fakultas Psikologi terdapat parkir Tertutup dan Terbuka yang di fungsikan untuk parkir Motor
  2. Parkir Terbuka Fakultas Psikologi UI di gunakan untuk Mobil, berlokasi disamping gedung atau lahan dengan pepohonan.

Shuttle Service bis di Fakultas Psikologi UI mengikuti program dari Universitas

Fasilitas sepeda dapat dimanfaatkan oleh seluruh sivitas akademika dengan mengikuti peraturan dari universitas. Tersedia jalur khusus sepeda untuk memfasilitasi para pengguna sepeda.

Untuk pejalan kaki disediakan jalur khusus pejalan kaki dan juga fasilitas untuk tuna netra.

Jumlah Mata Kuliah yang ditawarkan terkait dengan lingkungan dan keberlanjutan pada 2015, 2016 dan 2017 = 213 Mata Kuliah

Jumlah keseluruhan mata kuliah yang ditawarkan di Fakultas Pada 2015 = 253, 2016=253 dan 2017 = 265 Mata Kuliah untuk program sarjana dan pasca sarjana

Total dana penelitian pada tahun 2015 = Rp. 7.781.161.222

Total dana penelitian pada tahun 2016 = 5.921.839.000

Total dana penelitian tahun 2017 = 2.415.030.000

Rata-rata setahun terakhir 3 tahun dana penelitian Rp. 5.402.676.074

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X