Talkshow Literasi Digital untuk Generasi Z

Teknologi informasi dan digital menawarkan dua manfaat utama kepada penggunanya. Pertama, daya utk berkreasi (Creation Power) yang semakin mendekati kelas profesional-industri. Kedua, kekuatan penyiaran (Broadcast Power) yang sangat besar sehingga pengguna bisa menjangkau audiens dalam skala besar. Keduanya dapat tercapai melalui proses yang semudah, sesederhana, dan semandiri mungkin dengan menggunakan laptop, tablet, bahkan smartphone.

Hal tersebut di atas membuat Generasi Z (mereka yang lahir kisaran tahun akhir tahun 1990-an hingga awal 2010-an) berada dalam posisi yang unik. Di satu sisi, sebagai digital natives, mereka paling cepat menyerap kedua manfaat tersebut dibanding generasi sebelumnya. Di sisi lain, mereka belum cukup peka terhadap risiko-risiko penggunaan teknologi yang tidak seimbang. Tidak menampik bahwa generasi-generasi sebelumnya pun juga sedang sama-sama belajar mencapai ini.

Menggunakan kerangka literasi digital yang ditetapkan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, bahwa Generasi Z dengan cepat telah menyerap keterampilan digital, namun sangat perlu didampingi agar mencapai ketiga ranah lainnya: budaya digital, etika digital, dan keamanan digital.

Menyikapi hal ini, sekaligus sebagai rangkaian dari Dies Natalis Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ke-62, akan dilaksanakan online talkshow yang ditujukan untuk 40.000 siswa Sekolah Menengah khususnya di DKI Jakarta setiap hari Jumat (tanggal 7, 14, 21, dan 28) dibulan Oktober 2022 pukul 09.00 – 11.00 melalui 4 sesi (@10.000 siswa) dengan topic Literasi Digital untuk Generasi Z.

Talkshow Literasi Digital untuk Generasi Z ini bertujuan membangun kesadaran siswa Sekolah Menengah yang merupakan generasi Z terhadap pentingnya mencapai keseimbangan dalam ranah literasi digital tersebut di atas. Untuk mencapai tujuan tersebut, talkshow ini mempertemukan tiga sudut pandang: literasi digital, pelaku media sosial, dan disiplin ilmu psikologi. Narasumber dari masing-masing sudut pandang akan diwakili oleh Yosi Mokalu Ketua Umum dari Siberkreasi, Fadil Jaidi mewakili Gen Z yang berprofesi sebagai Influencers Media Sosial, dan Adi Respati seorang Alumni Fakultasi Psikologi UI yang aktif sebagai Head of Program dari Websis for Edu.

Pemberian kata sambutan merupakan wujud dukungan dari berbagai pihak. Dengan bangga kami informasikan, acara ini akan dibuka oleh Bapak Erick Thohir, B.A., M.B.A, selaku Menteri BUMN. Sambutan juga akan diberikan oleh Sekretaris Universitas, Universitas Indonesia, ibudr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D yang mewakili Rektor UI, Ibu Nahdiana Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta serta Ibu Anita Wahid selaku Wakil Ketua Umum SiBerkreasi. Fakultas Psikologi UI sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan juga akanmemberikan sambutan yang diberikan oleh Bapak Dr. Bagus Takwin, M.Hum.selaku Dekan Fakultas Psikologi UI.

Dalam termin pertama, Yosi Mokalu akan memaparkan petalan sekap literasi digital, dengan poin pembahasan di area literasi digital, data dan insights yang didapat dari online behaviors, kebijakan pemerintah serta kampanye digital awareness. Selanjutnya Fadi lJaidi akan berbagi learning journey sebagai model netizen dalam berproses dengan media balance serta pengalaman reflektifnya dalam literasi digital. Sebagai wakil dari sudut pandang isiplin ilmu psikologi, Adi Respati akan menjelaskan tingkah laku remaja, perkembangan, dan dinamika sosial dunia daring dan luring. Pemaparan Adi Respati akan mencakup dinamika tingkah laku, analisa SWOT tingkah laku dan adanyaself-improvement dari pengguna digital.

Akses teknologi sebetulnya telah menumbuhkan ketrampilan kognitif Generasi Z: berpikir kreatif, berpikir kritis, complex problem solving. Namun demikian, tiga keterampilan ini tidak terlalu konsisten muncul pada lintas lingkungan media sosial. Broadcast power membuat Generasi Z bisa mendapatkan audiens dan jejaring jauh lebih besar di dunia daring dari pada luring. Ini berarti Generasi Z berisiko terjebak harus merawat dua identitas yang berbeda.Terkait dari hal di atas, talkshow ini diharapkan dapat mengembangkan dan mempertahankankreativitas dan berpikir kritis di lingkungan digital serta menjaga keseimbangan social engagement di lingkungan daring dan luring.

DemikianTalkshow yang menjadi aktivitas penting dalam rangka Dies Natalis Fakultas Psikologi UI yang ke-62 dan terselenggara berkat kerjasama dengan Bank Mandiri, Siberkreasi dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Kami mengundang dan mengajak Anda untuk menyimak rangkaian kegiatan kami selanjutnya. Mari kita meriahkan dan sukseskan acara Dies Natalis Fakultas Psikologi UI ke-62 dengan semangat Indonesia tangguh, tumbuh berkelanjutan.