Lathifah Hanum: Paparkan Panduan Penulisan Akademik untuk Para Pemula

Lathifah Hanum: Paparkan Panduan Penulisan Akademik untuk Para Pemula 

Depok- Kamis (29/08/2019), telah berlangsung kegiatan Research Day yang diselenggarakan Gedung D Lantai Dasar Fakultas Psikologi UI. Topik Research Day kali ini adalah ”Guide to Academic Writing for Beginners”.

Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat F.Psi UI, Lathifah Hanum, M.Psi., Psikolog, menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Pembahasan dimulai dengan menjelaskan tentang struktur artikel ilmiah yang terdiri dari, judul, abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil, diskusi dan daftar pustaka. Bagian pendahuluan berisi tentang studi literatur, hipotesis dan pertanyaan penelitian, sedangkan bagian diskusi sebaiknya mengandung kesimpulan. Beberapa tips juga disampaikan “bahwa sebaiknya terlebih dahulu menulis bagian metodologi dan hasil penelitian, diskusi dan kesimpulan, latar belakang, abstrak dan judul, terakhir adalah daftar pustaka”, ungkapnya.

Penjelasan mengenai hal-hal yang harus ada di setiap bagian artikel ilmiah juga menjadi pembahasan yang tidak kalah penting. Pada bagian abstrak, usahakan abstrak tidak lebih dari 250 kata atau perhatikan ketentuan batas kata dari jurnal yang dituju. Ketika menjelaskan fakta umum, sebaiknya gunakan present tense dan gunakan past tense ketika menjelaskan hasil penelitian. Hindari mencantumkan informasi yang mendetail ketika menuliskan latar belakang, studi literatur dan metode penelitian. Hindari penggunaan jargon atau informasi yang tidak tertulis di dalam artikel. Materi selanjutnya adalah hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika menulis latar belakang.

Hal-hal yang harus dilakukan ketika menulis latar belakang adalah memberikan informasi mengenai latar belakang penelitian, memperkenalkan topik penelitian, menekankan kebaruan dan urgensi penelitian, serta menjelaskan permasalahan penelitian sambil menyatakan hipotesis penelitian. “Perlu diingat bahwa di dalam menulis latar belakang, jangan menuliskan informasi mengenai metode, hasil penelitian dan kesimpulan. Latar belakang juga sebaiknya jangan terlalu panjang” tuturnya.

Bagian selanjutnya adalah menulis metodologi, yaitu penjelasan tentang studi yang sudah dilaksanakan. Pada bagian ini, penulis perlu untuk mencantumkan informasi mengenai tempat pelaksanaan penelitian, waktu dan tata cara pengambilan data, prosedur penelitian, partisipan penelitian dan teknik statistik yang digunakan. Setelah menjelaskan mengenai bagian metodologi, narasumber menjelaskan bagian hasil penelitian.

Pada bagian hasil penelitian, penulis harus menggunakan prinsip kesederhanaan dalam menyajikan data. Hal yang dipaparkan harus bisa memberikan jawaban dari pertanyaan penelitian. Penulis bisa menggunakan alat bantu seperti tabel, diagram atau grafik, dengan tujuan agar pembaca dapat lebih memahami data yang dipaparkan.

Bagian yang terakhir, yaitu diskusi, peserta dianjurkan untuk membuat struktur tulisan, seperti pada setiap paragraf hanya terdapat satu pikiran utama. Selain itu, penting bahwa ada keterkaitan antar paragraf dan setiap informasi yang ditulis harus berhubungan dengan tujuan penelitian. Hanum, juga memberikan tips lainnya, yaitu menuliskan kembali pertanyaan atau hipotesis penelitian yang sudah diparafrase, menonjolkan signifikansi dari data penelitian, dan menyatakan apakah hipotesis penelitian didukung, ditolak atau didukung sebagian.

Pada sesi terakhir, penjelasan diberikan terkait cover letter yang sifatnya memang tidak wajib, tetapi akan lebih baik apabila kita melampirkan cover letter bersama artikel yang ingin kita submit. Hal ini dapat mempermudah komunikasi kita dengan editor. Apabila kita sudah mendapatkan hasil review, maka kita harus memutuskan apakah ingin mengubah artikel berdasarkan masukan dari reviewer. Penulis bisa saja melakukan perubahan bukan berdasarkan masukan dari reviewer, tetapi penulis juga harus menjelaskan alasannya di dalam cover letter ketika submit revisi artikel.

Dihadiri sebanyak 32 peserta, kegiatan Research Day kali ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tulisan bagi staf pendidik dan mahasiswa Fakultas Psikologi UI, khususnya pada staf pengajar dan mahasiswa yang masih belajar cara menulis hasil penelitiannya untuk dipublikasikan. (Md)