Pelatihan Marketing Strategy Seri 3
“ Marketing Research”
Depok (23/08/2018) Dalam meningkatkan pengetahuan tentang manajemen pemasaran, Fakultas Psikologi UI (FPsi UI) mengadakan pelatihan yang bertemakan Marketing Strategy Seri 3. Bertempat di Gedung H Lantai 2 Psikologi UI , pelatihan tersebut dihadiri oleh Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKK PPM) yang merupakan unit usaha yang terdapat di FPsi UI. Pelatihan Marketing Strategy Seri 3 ini diikuti oleh kepala dan perwakilan dari staf UKK PPM.
Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari pelatihan bulan lalu yang membahas tentang manajemen pemasaran. Pelatihan ini diadakan untuk menambah soft skill karyawan UKK PPM agar mengetahui bagaimana membuat sebuah marketing research sehingga dapat diterapkan oleh setiap unit. Acara dibagi menjadi dua sesi yaitu pemaparan materi dan pemaparan hasil penelitian setiap UKK PPM.
Pelatihan ini dibawakan oleh oleh Ibu Krisnati Desiana yang merupakan General Manager Pemasaran di PT. Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) yang merupakan produsen dan pemasaran Pelumas Brand Evalube. Dia juga merupakan seorang ahli bidang pemasaran strategis, manajemen pemasaran, manajemen merek, komunikasi pemasaran, pemasaran internasional dan manajemen distribusi. Sebelum bergabung dengan WGI, beliau bekerja di Inke Maris & Associates (IMA), salah satu Konsultan Hubungan Masyarakat terkemuka di Indonesia sebagai Manajer Akun dari 1989 – 1992. Berbagai jenis proyek komunikasi pemasaran telah ia jalankan dan kliennya adalah seperti seperti BNI, BII, Mobil Oil dan Star Motors Indonesia (Mercedes Benz).
Sebelum pembahasan dimulai, terlebih dahulu Ibu Kristina Desiana selaku pemberi materi memaparkan tentang marketing segmentation. Poin – poin yang dijelaskan oleh beliau antara lain tentang:
- Step in Segmentation, Targeting and Positioning
- Levels of Market Segmentation
- Bases for Segmenting Consumer Markets
- Requirements for Effective Segmentation
Materi – materi tersebut sangat penting dalam menentukan arah bisnis yang akan dilakukan oleh setiap UKK PPM FPsi UI.
Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan pemaparan hasil marketing research setiap unit usaha yang telah dibuat selama kurun waktu satu bulan. Perlu diperhatikan dalam setiap penelitian, bahwa marketing research bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan usaha yang sedang berjalan saat ini agar dapat selalu bersaing dengan para kompetitor. Research tersebut juga membuktikan bahwa setiap UKK PPM FPsi UI wajib memperhatikan hal seperti segmentasi pasar, kompetitor, produk yang di jual, sehingga target pasar dapat tercapai.