Psikologi Klinis

Gambaran Keilmuan

Bidang Studi Psikologi Klinis merupakan bidang ilmu dalam psikologi yang berfokus pada usaha memahami dan menangani masalah-masalah psikologis, meningkatkan kemampuan penyesuaian diri dan mengembangkan kapasitas pribadi. Psikologi klinis melibatkan konteks budaya dalam memahami aspek-aspek psikologis individu seperti kognitif, emosi dan perilaku.

Area Penelitian

  • Mempelajari konsep manusia yang “sehat” dan “sakit”, terkait dengan kekuatan dan kerentanan psikologis yang dimiliki. Aspek-aspek yang menjadi fokus pembahasan meliputi kepribadian, emosi, intelektual, dan karakteristik lingkungan social
  • Mengembangkan metode asesmen untuk dapat mengidentifikasi kekuatan, kerentanan, ataupun gangguan psikologis yang ada pada individu maupun komunitas.
  • Mengembangkan intervensi psikologis pada level individu dan komunitas, untuk pertumbuhan kapasitas diri atau pemulihan fungsi psikologis yang terhambat.
  • Kelompok PenelitianKelompok penelitian yang ada, meliputi :
    1. Penelitian tentang Psychological Well-being
    2. Penelitian tentang kesehatan mental dalam komunitas
    3. Penelitian tentang keluarga Indonesia
    4. Penelitian tentang kekerasan jender
    5. Penelitian untuk mengembangkan alat ukur untuk asesmen fungsi psikologis individu atau kelompok (MMPI, Big-Five Personality)
    6. Penelitian tentang efektivitas intervensi psikologis (CBT, intervensi kelompok, terapi keluarga)

    Kepakaran Dosen

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X