TPA Makara

TPA Makara

Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM) adalah model taman penitipan anak yang sesuai dengan kaidah ilmu kesehatan dan psikologi untuk anak usia 1-4 tahun. TPAM didirikan oleh Fakultas Psikologi, bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran, Fakultas  Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. TPAM merupakan laboratorium perkembangan dan pendidikan anak sebagai wujud kontribusi civitas akademika kepada masyarakat khususnya lingkup balita.

Kini, TPAM tidak hanya memiliki model tempat penitipan anak tapi TPAM membuka program baru yaitu Kelompok Bermain untuk usia 2-4 tahun. Program ini dikembangkan pula oleh tim dari Fakultas Psikologi UI yang sesuai dengan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Program TPAM sarat dengan stimulasi dan pendidikan bagi anak balita. Program-program ini diterapkan bersama orangtua melalui metode belajar sambil bermain dan lebih menekankan kepada bagaimana proses anak menjadi anak yang sehat, ceria, terampil, bersahabat, dan cerdas dalam mengoptimalkan potensi dirinya. Selain itu, TPAM juga mengembangkan program psikoedukasi dan praktek bagi para pengasuh balita dan mahasiswa.

Gambaran Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dibawah Program Studi Magister Terapan menyelenggarakan program Taman Pengembangan Anak Makara (TPAM) yang merupakan Laboratorium Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini sejak tahun 2008. Program TPAM sarat dengan stimulasi dan pendidikan bagi anak balita, yang dirancang berdasarkan kaidah-kaidah psikologi perkembangan anak, kesehatan, dan tumbuh kembang balita. Sebagai laboratorium pendidikan dan perkembangan, TPAM berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Ketiga fakultas tersebut berperan sebagai konsultan ahli yang secara berkala memantau kesehatan fisik, gigi, dan mulut anak-anak di TPAM.

Dalam perkembangannya, TPAM juga menjadi acuan beberapa PAUD, baik dari lembaga pemerintah, swasta, ataupun PAUD universitas, yang melakukan kunjungan dalam rangka studi banding ke TPAM. Beberapa perwakilan instansi yang pernah berkunjung ke TPAM adalah Pusat Studi Gender dan Anak UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Day care Rumah Cerdas Malang, RA As Syuhada Cilegon, PAUD Permata Ratu Pekanbaru Riau, BPTK Patra dibawah asuhan Persatuan Wanita Patra Pertamina, Pusat Penyelidikan Keluarga Remaja dan Kanak-Kanak Universitas Putra Malaysia, peserta International Early Childhood Care and Development Conference 2012 yang diadakan oleh The Asia-Pacific Regional Network for Early Childhood (ARNEC), dan mahasiswa Fakultas Kedokteran dari Erasmus Universiteit Rotterdam.

Sebagai laboratorium pendidikan dan perkembangan, TPAM menerima mahasiswa magang dari Fakultas Psikologi UI. Mahasiswa dan staf pengajar dari dalam dan luar UI juga dapat melakukan penelitian seputar pengadaan daycare dan anak usia dini di TPAM. Fasilitas ini terutama dimanfaatkan untuk penelitian mahasiswa dari Program Magister Terapan di bidang Psikologi Anak Usia Dini. Beberapa mahasiswa dari fakultas lain, seperti Fakultas Kedokteran Gigi Program Pascasarjana Spesialis Gigi Anak, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Teknik juga pernah melakukan penelitian di TPAM.
Program-program di TPAM ini diterapkan melalui metode bermain sambil belajar dengan tidak menggantikan peran orangtua sebagai guru pertama dan utama. Pihak TPAM mengajak orangtua bekerjasama untuk bersama-sama memberikan stimulasi kepada anak agar anak dapat berkembang optimal. Program di TPAM lebih menekankan kepada bagaimana proses anak menjadi anak yang sehat, ceria, terampil, bersahabat, dan cerdas dalam mengoptimalkan potensi dirinya. Oleh karena itu, caregiver yang menangani anak-anak di TPAM dilatih melalui workshop dengan narasumber dari keempat fakultas tersebut dan terus mengembangkan wawasan serta keterampilan melalui konferensi atau seminar berskala nasional ataupun internasional di bidang anak usia dini.

Layanan Daycare, model penitipan anak untuk anak usia 1-4 tahun
Kelompok Bermain Makara, untuk anak usia 2-4 tahun
Produk/Portofolio Kerjasama Pigeon, BTN
Publikasi Pada tahun 2010, TPAM dibawah Dr. Winarini Wilman, bekerjasama dengan staf pengajar dari Fakultas Ilmu Keperawatan, mendapat hibah riset untuk penelitian bertajuk “Mengatasi Kesulitan Makan dengan Teknik Mediated Experience Learning”.
Klien Mahasiswa, dosen, masyarakat Depok dan sekitarnya
Staf Struktural Koordinator: Rini Hildayani, S.Psi., M.Si. ; Wk. Koord. Umim: Betti Astriani, S.Psi., M.Si. ; Wk. Koord. Program: Maulida Kurniasari, S.Hum
Alamat Gd. TPAM Fakultas Psikologi Kampus Baru UI Depok
Web link www.tpamakara.com
E-mail tpamakara@gmail.com
Telp. (021) 7270004/5 ext. 1702 atau

 

kunjungi situs resmi TPA Makara

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X