Psikologi Sosial

Gambaran Keilmuan
Psikologi Sosial adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mengkaji tingkah laku individu di dalam situasi sosial, dengan melakukan kajian dan analisis tentang bagaimana manusia mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya . Berdasarkan pengetahuan tersebut, Psikologi Sosial membuat intervensi untuk membentuk tingkah laku manusia agar lebih adaptif dan tepat guna dalam situasi dimana manusia itu berada.

Area Penelitian
Secara garis besar, area penelitian psikologi sosial di kaji berdasarkan empat tingkat analisis, yaitu (1) Intraindividu, (2) Antarindividu, (3) Intrakelompok, dan (4) Antarkelompok. Pada tingkat Intraindividu, fokus kajiannya pada proses-proses internal individu dalam situasi sosial tertentu; misalnya proses kognisi, afeksi, biologis dan persarafan, konsep diri atau kepribadian individu tersebut. Pada tingkat Antarindividu, tingkah laku manusia dikaji melalui proses yang terjadi antarindividu yang terlibat dalam suatu situasi; misalnya komunikasi, pola relasi, dan peran figur signifikan. Pada tingkat Intrakelompok, fokus kajian terutama pada berbagai proses dan tingkah laku yang terjadi di dalam kelompok tempat individu menjadi anggotanya; misalnya status, peran, kepemimpinan dan kerja sama di dalam kelompok. Terakhir, pada tingkat Antarkelompok, area penelitian berfokus pada proses dan tingkah laku yang terjadi dalam interaksi antarkelompok; misalnya identitas kelompok, stereotipe dan prasangka, kekuasaan, relasi kelompok mayoritas-minoritas, kerja sama dan konflik antarkelompok.
Keempat tingkat analisis serta masing-masing topik di dalamnya dikembangkan dengan metode ilmiah dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan serta diterapkan dalam berbagai program intervensi.

Kelompok Penelitian
Kelompok penelitian di bawah Bidang Studi Psikologi Sosial terdiri dari tiga kelompok besar yang masing-masing mencakup beberapa subtopik sebagai berikut:

 

  • Psikologi Perkotaan. Terdiri dari subtopik pengasingan sosial dan bullying, literasi media, hubungan interpersonal dan mate urgency, diri dan kesejahteraan, sense of community, psikologi kebersihan, neuropsikologi anak.
  • Psikologi Politik. Terdiri dari subtopik ideologi politik, partisipasi politik, beli suara dalam pemilu, sikap kewarganegaraan, dan tingkah laku antarkelompok dalam politik.
  • Kepribadian Indonesia. Terdiri dari subtopik Kepribadian Maritim dan Big 5 Personality, sense of community, dan kearifan lokal.

 

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X