Psikologi Industri dan Organisasi

Bidang Studi

Psikologi Industri dan Organisasi

Gambaran Keilmuan

Organisasi adalah sekumpulan idividu yang berkumpul karena memiliki tujuan bersama, dan menyepakati distribusi hak dan kewajiban untuk mencapai tujuan tersebut. Agar organisasi dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efisien, organisasi tersebut perlu mampu mengelola salah satu aset mereka, yaitu manusianya. Organisasi perlu mengerti dinamika tingkahlaku manusia dalam situasi organisasi.

Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) menerapkan teori dan kaidah-kaidah tingkahlaku dalam konteks organisasi yang dimaksud tersebut. PIO bertujuan meningkatkan produktivitas organisasi komersil maupun nirlaba. Kajian PIO mencakup dua ranah umum, yaitu tingkahlaku organisasi dan manajemen sumberdaya manusia. Pada kedua ranah ini PIO mempelajari tingkahlaku individu, kelompok, dan organisasi.

Beberapa area kunci penelitian yang menggambarkan PIO adalah pelatihan dan pengembangan, seleksi karyawan, manajemen kinerja, keragaman di lingkungan kerja (workplace diversity), kepemimpinan, motivasi kerja, teamwork, dan lain-lain

Area Penelitian:

  • perilaku manusia dalam konteks organisasi dan psikologi konsumen seperti kepemimpinan, kesiapan untuk perubahan, komitmen, modal psikologis, keterlibatan kerja, keterikatan, pembicaraan dari mulut ke mulut, dan belanja online

  • metode penilaian untuk mengidentifikasi masalah baik dan potensi individu atau kelompok dalam sebuah organisasi

  • individual atau intervensi psikologis kelompok untuk mendukung pencapaian organisasi

Kelompok Penelitian

  • perilaku organisasi dan perubahan

  • Manajemen Perubahan

  • Psikologi Konsumen
  • Perilaku Ekonomi
  • Generasi Y

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X